-->

Pengembangan Produk - Soal dan Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Pengembangan Produk Lengkap Jawaban
  1. Untuk mendapatkan keunggulan bersaing, maka yang harus diperhatikan oleh perusahaan adalah.....
    a. Memahami kelemahan-kelemahan para pesaing
    b. Memahami keunggulan produk pesaing
    c. Memahami lingkungan perusahaan
    d. Memahami kebutuhan pelanggan di setiap segmen pasar
  2. Agar kita dapat membuat desain produk dengan benar, maka kita perlu mengenal komponen produk terlebih dahulu. Berikut adalah 3 komponen utama produk, yaitu..
    a. Merek, harga dan manfaat
    b. Merek, harga dan kemasan
    c. Merek, ide dan harga
    d. Merek, ide dan kemasan
  3. Fase pengembangan produk baru ketika secara fisik produk didesain agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan sekaligus memenuhi spesifikasi teknis disebut fase ....
    a. Pengembangan konsep
    b. Perencanaan produk
    c. Desain produk
    d. Pengembangan ide
  4. Proses desain produk dapat dilakukan dengan bekerja sama dengan perusahaan lain yang menspesialisaikan diri membuat komponen produk tertentu bagi perusahaan. Perusahaan semacam ini disebut ….
    a. Produsen kontrak
    b. Distributor utama
    c. Pemasok
    d. Perantara
  5. Strategi memproduksi barang dan jasa yang terstandarisasi tetapi memasukkan beberapa tingkatan kastemisasi pada produk atau jasa akhir, disebut..
    a. Kastemisasi personal
    b. Kastemisasi massa
    c. Kastemisasi Individu
    d. Kastemisasi perusahaan
  6. Pengembangan produk baru atau perbaikan produk, merupakan contoh dari tipe inovasi….
    a. Manajemen
    b. Proses
    c. Produk
    d. Jasa
  7. Suatu bentuk kesepakatan atau perjanjian antara dua atau lebih pihak untuk berbagi pengetahuan, teknologi, dan sumber daya yang dapat menguntungkan semua pihak yang terlibat, merupakan salah satu bentuk analisis....
    a. Internal
    b. Strategik
    c. Eksternal
    d. Standar
  8. Untuk dapat mempertahan produk pada fase pertumbuhan, maka strategi yang baik digunakan adalah...
    a. Menambah kapasitas produk baru yang lebih berfariasi untuk memperluas permintaan konsumen
    b. Menambah kapasitas produk yang sudah ada untuk menampung peningkatan permintaan produk
    c. Mengirangi produk yang sudah ada agar permintaan dapat dibatasi
    d. Mengganti produk baru untuk menampung peningkatan permintaan produk
  9. Pengelompokan komponen-komponen atau bagian-bagian rakitan dalam satu unit yang menjadikan kelompok komponen-komponen tersebut menjadi mudah untuk digantikan atau dipertukarkan, disebut sebagai desain...
    a. Moduler
    b. Tertunda
    c. Katemisasi
    d. Lancar
  10. Pendekatan tradisional menunjukkan bahwa teknologi akan ditransfer secara bertahap antara pemasaran, teknis, dan operasi. Proses ini dinamakan proses sekuensial yang berarti bahwa...
    a. Setiap fungsi menyelesaikan pekerjaannya sendiri-sendiri sebelum berlanjut ke tahap berikutnya.
    b. Setiap fungsi menyelesaikan pekerjaannya bersama-sama sebelum berlanjut ke tahap berikutnya.
    c. Setiap fungsi menyelesaikan pekerjaannya sendiri-sendiri setelah selesainya tahap berikutnya.
    d. Setiap fungsi menyelesaikan pekerjaannya bersama-sama setelah selesainya tahap berikutnya.
  11. Dukungan komputer dalam proses operasi yang digunakan untuk menggambarkan atau mensimulasikan fungsi desain teknis produk merupakan pengertian ....
    a. Computer-Design Manufacturing (CDM)
    b. Computer-Integrated Manufacturing (CIM)
    c. Computer-Aided Manufacturing (CAM)
    d. Computer-Aided Design (CAD)
  12. Simulasi komputer dan model komputer geometri tiga dimensi, merupakan contoh dari jenis prototipe...
    a. Fisik
    b. Dimensional
    c. Analitis 
    d. Analogy
  13. Aktifitas pemasaran yang berusaha untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan/atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan, merupakan pengertian....
    a. Dagang
    b. Promosi
    c. Pertukaran dagang
    d. Iklan
  14. Di pihak konsumen. kemasan merupakan bagian penting dari komponen produk yang biasanya berfungsi sebagai...
    a. Membantu konsumen mengenal nama produk dipasarkan oleh perusahaan
    b. Membantu konsumen dalam merencanakan jumlah produk yang akan dibeli
    c. Membantu konsumen dalam menentukan harga
    d. Membantu konsumen menentukan harga dan jumlah barang yang akan dibeli
  15. Berikut adalah contoh inovasi penjualan suatu produk, dimana pengiriman barang dilakukan secara langsung, seperti...
    a. Penjualan secara online, melalui pemesanan lewat telepon dan melalui TV
    b. Penjualan secara online, melalui distributor dan agen
    c. Penjualan melalui TV, para sales, dan distributor
    d. Penjualan melalui distributor besar dan kecil
  16. Produsen atau pabrik mendistribusikan produknya secara langsung kepada konsumen tanpa menggunakan perantara, merupakan pengertian dari..
    a. Distribusi tidak langsung
    b. Distribusi langsung 
    c. Distribusi menggunakan perantara
    d. Distribusi online
  17. Pendistribusian suatu produk melalui representative (perwakilan) dan melalui distributor, merupakan contoh dari saluran distribusi..
    a. Langsung
    b. Tidak langsung
    c. Permanen
    d. Sementara
  18. Pihak yang menjual produk atau jasa namun biasanya tidak memiliki persediaan sendiri, mereka melakukan pemesanan kepada produsen dan seringkali digunakan pada industri tertentu, misalnya asuransi atau real estate disebut …
    a. Pedagang besar
    b. Pedagang eceran
    c. Perwakilan
    d. Perantara khusus
  19. Pada materials management, yang bertanggung jawab atas masuknya bahan baku dan jasa adalah bagian ….
    a. Produksi
    b. Pengadaan
    c. Pembelian
    d. Distribusi
  20. Pembeli dapat melihat barang-barang yang dijual melalui internet dan setelah dilakukan pemesanan dan pembayaran, barang akan langsung dikirim ke alamat pembeli, merupakan jenis penjualan yang dilakukan secara..
    a. Melalui distributor
    b. Lewat telepon
    c. Online
    d. Melalui TV
Kunci Jawabannya Klik Disini
LihatTutupKomentar