-->

Cara Daftar Nisn Terbaru Tahun Pelajaran 2019-2019

Cara Daftar NISN - Untuk tahun pelajaran 2019-2019 cara daftar NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) tak lagi menggunakan form pengajuan NISN yang dikirim lewat internet. Sekarang ini sudah terintegrasi dalam tahap Verifikasi dan Validasi Peserta Didik tahun 2019 dimana seluruh datanya sudah ada dari hasil sinkronisasi Dapodikdas 2019 tiap-tiap sekolah.

 tak lagi menggunakan form pengajuan NISN yang dikirim lewat internet Cara Daftar NISN Terbaru Tahun Pelajaran 2019-2019
Baca juga : Cara Daftar MTix dan Proses Transaksinya

Sehingga operator sekolah mempunyai fungsi yang sangat penting yang salah satunya yaitu dalam penerbitan NISN gres untuk peserta didik SD atau Sekolah Menengah Pertama yang belum mempunyai NISN. Sehingga dapat jadi ada sejumlah peserta didik yang sejauh ini tidak mempunyai NISN. Prosedur penerbitan NISN kini ini dapat dibuka masing-masing operator sekolah menggunakan Username dan Password yang juga digunakan untuk log-in ke aplikasi Dapodikdas 2019 sekolah asal.

Selanjutnya bagi siswa yang belum sekalipun mempunyai NISN, umumnya siswa kelas 1 SD, sejumlah siswa kelas 2 hingga 6 SD dan mungkin juga sejumlah siswa Sekolah Menengah Pertama yang belum pernah mempunyai NISN, proses mengurusnya akan lebih simpel dan cepat. Prosesnya cuma beberapa menit saja NISN gres akan keluar dan dapat dikala itu juga dilihat datanya lewat kolom pencarian menurut NISN yang gres keluar itu.

Prinsipnya untuk semua data siswa yang belum mempunyai NISN hingga tahun pelajaran 2019-2019, ketika tahap VerVal Peserta Didik di tab “Residu” pilih opsi “Not Match” maka ikon “Not Match” ini akan pribadi keluar setelah baris data di salah satu daftar siswa dipilih. Akan tetapi ada juga beberapa yang keluar opsi “Search Next” hingga tahap pencarian ke 5 gres keluar lagi ikon “Not Match” setelah data siswa itu belum ada atau tak ada yang match dengan database PDSP. Sehabis itu klik “Not Match” maka NISN gres akan keluar. Dan data siswa dari tab “Residu” akan berpindah ke tab “Referensi” sekaligus bersama NISN barunya.

Bagi para peserta didik yang setelah melaksanakan cek NISN di http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/data ternyata tak ada datanya maka segera saja menghubungi operator sekolah Dapodiknas daerah siswa bersekolah untuk diajukan NISN. Memang fungsi NISN ini sangat penting, selain sebagai nomer identifikasi siswa skala nasional juga untuk memudahkan pengelolaan program-program pendidikan nasional secara terintegrasi. NISN bagi siswa pun penting dikala mereka akan mengikuti ujian nasional atau mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa gres di sekolah tinggi tinggi negeri.

LihatTutupKomentar